Saturday, January 28, 2012

Hitam milik saya



Tibatiba saja tampilan blog saya berubah. Dari warna hitam pekat menjadi sangat berwarna seperti ini. Bukan karena imingiming atau sejenisnya, tapi lebih kepada bosan saja. Bosan itu saja. Bosan. Hitam, ada berbagai makna yang tersembunyi di balik warna hitam. Hitam itu bukan warna. Tapi banyak orang menyebutkan hitam itu warna.


Menurut Kobayashi, pada imageboard nya yang terkenal, sifat warna di bagi menjadi 4 kutub. Soft, warm, hard, dan cool. Warna hitam termasuk dalam kutub Hard dan sebagian pada kutub warm dan cool. Di setiap kutubnya memiliki berbagai macam sifat warna yang memberikan kesan masingmasing dari yang ditimbulkan. Kesan yang ditimbulkan pada warna makanan, warna pakaian, komposisi warna dalam lukisan maupun fotografi, komposisi warna dalam interior, dan sebagainya dan sebagainya.

Color chart - Kobayashi (1996)


Bila dilihat dari colorchart di atas, warna hitam memiliki sifat gorgeous, dynamic, provocative, vibrant, luxurious, wild, masculine, sharp, straight, formal, modern bahkan chic. Namun, sebagian orang menilai bahwa warna hitam memberikan kesan gelap, kusam, kelam, gothic, bahkan emo. Menurut saya, warna hitam itu misterius, karena ia dapat memberikan banyak makna di berbagai kondisi. Seperti pada desain interior, warna hitam memberikan kesan netral, minimalis, elegan, luxurious, anggun, dan juga formal. Kemudian secara dinamis, warna hitam bisa bersatu dengan warna apapun dan ia akan memiliki kesan dan makna yang berbedabeda di setiap perpaduannya.

 Hitam. Ya saya penyuka warna hitam. Saya pikir temanteman saya sudah banyak tahu itu. Namun bukan berarti hidup saya hitam, kelam, kusam, gothic, emo. Tunggu. Gothic merupakan karakter style arsitektur yang cukup terkenal pada masa Renaissance sebelum style Classic berjaya. Entah bagaimana mulanya, nama gothic bisa menjadi style fashion dalam make-up. Warna gothic dalam arsitektur  selain hitam juga ada abuabu dan krem, ngeblok, seperti itulah kurang lebih. Kemudian Emo. Saya juga masih bingung darimana kata emo ini muncul. Ada yang bilang Emo merupakan kependekan dari kata EMOsional dan banyak remaja masa kini menggunakan kata EMO sebagai style fashion mereka. Entahlah. Baiklah kembali lagi. Saya penyuka warna hitam dalam halhal tertentu. Nyatanya saya cenderung memilih warnawarna "warm" dengan karakter casual, dynamic, flamboyant, bahkan warna etnik dalam desain interior dan fashion daripada minimalis atau modern.

Style Gothic pada arsitektur dan interior

rame kan? warnawarni!! :D


Teman saya pernah gemes melihat saya selalu memilih warna hitam dalam sebuah pilihan. Lalu suatu ketika saya beralih memilih warna cokelat ketika saya memilih suatu barang bersama dia. "Tumben cokelat? Biasanya hitam", begitu katanya. "Yah, lebih mending lah ada warnanya daripada hitam terus. Tapi tetep, lempenglempeng aja." Hahaha.. baiklah...
Bukan berarti saya penyuka hitam lalu semuanya serba hitam atau cokelat lalu semuanya serba cokelat. Tidak. Dalam hal tertentu saya memilih warnawarna tersebut. Warna tersebut netral. Lalu bisa saya padupadankan dengan warnawarna lain yang berwarnawarni. Itu maksud saya.

Warna blog saya yang lalu berwarna hitam itu juga bukan berarti saya kelam, misterius, kusam, galau (istilah ini benarbenar musim saat ini), suram. Saya hanya sedang bosan saja dengan warna hitam. Kata penikmat desain dan seni, karya visual bila diletakkan/dimonting dengan frame warna hitam, bisa memberikan efek dramatis. Mungkin beberapa sependapat, mungkin beberapa yang lainnya tidak. Tapi saya sependapat. Setiap karya saya bila di frame berwarna hitam berasa dramatis (apalagi kalo dosen saya memberi nilai A+, begitu amat sangat dramatis! Hahahaha). Jangan bicara soal nilai dalam karya seni. Semuanya subjektif! Tidak ada bagus tidak ada jelek. Tergantung mata memandang.

Jadi, kalau blog saya berwarna hitam, bukan berarti saya kelam. Blog boleh hitam, tapi hidup tetap berwarna. Rasarasanya warna ini hanya sementara. Saya agak sakit mata melihatnya. Tapi konyol memang, saya suka saja. So, selamat menikmati warna kesukaanmu.. :)


2 comments:

tiara primadani said...

gini dong tampilannya berwarna-warni....hihihii permennya pengen ngmbil satu :*

aloysia said...

ehehehe...gimana yaaa....
inget kita dulu pake taidai rame2 pas di jogja..haha
nanti mau ganti lagi ah.. :P