Wednesday, December 28, 2011

diam-mu dan diam-ku



aku pernah mengenalmu
aku pernah tahu siapa kamu
aku pernah mengenalmu
dan aku cukup tahu siapa kamu



pernahkah terpintas dalam benakmu bahwa sebuah persahabatan itu indah? ya, persahabatan itu begitu indah sehangat mentari yang bersinar di ufuk timur.

pernahkah terpintas dalam benakmu bahwa rasa sayang itu tidak melulu tentang cinta? ya, rasa sayang itu memiliki makna yang luas, sedalam rahasia samudera.

pernahkah terpintas dalam benakmu untuk membedakan mana rasa sayangmu pada dirimu dan mana rasa sayangmu pada hidupmu? atau bahkan kau mungkin terlalu menyayangi dirimu hingga kau hanya berbalut oleh nafsumu? kau perlu belajar lagi mangatakan sayang dan cara mengungkapkannya.

pernahkah kau tahu, aku wanita yang pernah kau tuju, terlalu berpurapura bodoh untuk menyayangimu? ya, aku menyayangimu seperti yang pernah ku ucapkan kepadamu, kawan. aku pun menyayangi mereka kawankawanku. namun, bukan seperti sayangku pada sahabatku. karena sahabatku begitu istimewa tempatnya dihatiku. dan kau pun tahu seperti apa istimewanya persahabatan itu.

pernahkah kau tahu, bahwa setiap ucapanmu terlalu indah dikatakan untuk wanita sepertiku? bahwa tak ada kebenaran dalam rayuan? ya, kau tahu dan kau telah memanfaatkanku dalam malammu.

namun, pernahkah kau tahu bahwa aku adalah wanita yang sempat memberikan sisi istimewa dihatiku untukmu? tidak, kau tidak akan pernah tahu, karena yang kau tahu kau dan aku hanya bernafsu dan kita terlalu menikmati harihari lalu.

karena kau dan aku samasama tahu
bagaimana persahabatan itu bekerja
bagaimana rasa sayang itu terungkap
bagaimana cinta itu memiliki rahasia yang hebat
bagaimana ketulusan itu berarti
bagaimana cara menghargai
bagaimana cara menghormati
bagaimana pertanggungjawaban itu seharusnya bertindak
tapi aku dan kau samasama tidak mau tahu karena kita terhanyut oleh nafsu

bahkan kau dan aku samasama tahu, kepada siapa hendaknya kita bertuju. kepada sahabat, atau kawan, atau kekasih, atau keluarga, atau hanya kepada sebuah kepuasan.

aku dan kau sempat berada dalam keadaan yang sama. tapi kau tak sama denganku. karena aku wanita dan kau pria. dan sikapmu terlalu cantik untuk mendiamkan aku.



_________________________

surabaya25122011

No comments: